Menu

MLM itu Bisnis Piramida

Apa itu piramida ? Piramida adalah sebuah bangunan mirip segitiga, dimana semakin keatas semakin mengerucut posisinya.Sebelum kita komentari bersama, mari kita lihat duluAPA YANG KITA YAKINI SEOLAH-OLAH LUMRAH di kehidupan nyata.

Banyak mana antara karyawan kelas bawah, dibanding dengan karyawan administasi?
Banyak mana karyawan kelas menengah dibanding dengan manajer ?
Banyak mana jumlah manajer dengan direktur ?
Banyak mana jumlah direktur, dengan presiden direktur ?
Apakah semakin tinggi posisi kepemimpinan, isinya semakin sedikit orang ?

Apakah mereka yang menjabat di posisi puncak di perusahaan besar, adalah orang2 yang langsung duduk, atau MENGAWALI KARIRNYA dari bawah ?Dalam piramida, atas tetap atas, bawah tetap bawah.

Pohon keluarga kita adalah piramida... Sebijaksana apapun kita, anak tetap anak, bapak tetap bapak.
Di perusahaan konvensional, sekuat apapun Anda berusaha, ujungnya adalah Presiden Direktur, bukan pemilik perusahaan.

Bagaimana dengan MLM ?

Kembali lagi ke kaidah dasarnya, MLM hanyalah strategi marketing bagi perusahaan konvensional. Jika 1 unit usaha Anda diminta untuk menghasilkan keuntungan Rp 100jt terasa berat. Maka target itu diturunkan menjadi Rp 10jt saja, tapi Anda memiliki 10 outlet. Terasa ringan dan lebih kelihatan gaya kan kalau punya cabang dimana-mana...

Pun sama dengan MLM. Bedanya, license yang diberikan MLM adalah MASTER FRANCHISE. Artinya setiap perwakilan, BERHAK melakukan REKRUTMEN kepada siapapun yang dia kehendaki.

Misal, Anda mengambil usaha sebuah perusahaan besar, dan membuka gerainya di jakarta. Sistim yang dikembangkan adalah MASTER FRANCHISE.
Aturan mainnya adalah, di luar keuntungan yang lain-lain, master franchise berhak mendapat royalti 10% dari setiap outlet yang direkomendasikan.. Katkanlah, Anda merekomendasi ke saya, dan saya mengambil Master Franscise di Surabaya. Selain saya, ada teman Anda juga yang tertarik dan membuka cabangnya di Bandung atas rekomendasi Anda.Karena prospeknya bagus, maka saya infokan bisnis ini kepada teman saya di daerah, dan akhirnya saya dapat merekomendasi 3 outlet tambahan, di Malang, Jember, dan Madiun.

Semisal saja masing-masing outlet berjaya, dan beromset 100jt.
Maka royalti Anda, karena cuma mengenalkan ke dua orang saja (BANDUNG & SURABAYA),adalah (Rp 100jt x10%) x 2= Rp 20jt
Sementara saya karena mengenalkan di tiga kota (MALANG, JEMBER, MADIUN)Maka saya mendapat royalti(Rp 100jt x 10%) x 3= Rp 30jt

Dari sini saja, kita dapat membaca, kalau saya yang bekerja lebih giat, hasilnya lebih besar daripada Anda yang merekomendasikan bisnis ini ke saya.
Inilah fairplay yang ada di MLM.

Man Jadda Wa Jadda
Barang siapa yang bersungguh-sungguh, Allah limpahkan ramhat lebih besar...

Mamang secara stuktural Anda di atas saya, tetapi secara perhitungan income, saya yang lebih besar..

Dimana letak piramidanya ?
Yang ada malah piramida tidak sempurna... Dan tidak akan pernah bisa sempurna...